wanita sering alami isk bisa dicegah dan diatasi

5 Dari 10 Wanita Alami Infeksi Saluran Kemih Berulang, Atasi Dengan Cranberry

Data menyatakan 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), dan dua diantaranya mengalami ISK berulang. Beruntung ISK berulang dapat diatasi dan dicegah dengan konsumsi buah cranberry.

ISK termasuk penyakit infeksi yang paling banyak terjadi di seluruh dunia, menyebabkan sekitar 8,1 juta kunjungan ke RS setiap tahunnya. ISK lebih banyak dialami perempuan ketimbang laki-laki. Perbandingannya bisa 3:1.

Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.coli). Tetapi ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan infeksi, bahkan mengalami ISK berulang, seperti tidak cukup minum, kebersihan yang buruk, memiliki batu saluran kemih / batu ginjal, kehamilan, menopause, diabetes, hingga karena zat kimia tertentu.

Dr. Cepi Teguh Pramayadi, SpOG, dari RSIA Bunda Jakarta, menjelaskan ISK merupakan infeksi akibat terbentuknya koloni kuman di saluran kemih. Jika dibiarkan kuman bisa naik hingga ke ginjal dan menyebabkan cedera ginjal akut.

Kenapa ISK lebih sering terjadi pada perempuan? Ini berkaitan dengan anatomi saluran kemih. “Karena secara anatomi saluran kemih wanita lebih pendek dibandingkan pria,” terang dr. Cepi dalam Seminar Kefarmasian yang digelar secara daring, Senin (6/9/2021).

Pada perempuan, lubang kencing letaknya berdekatan (di atas) dengan vagina. Ini memungkinkan bakteri yang ada di vagina dan/atau anus, berpindah ke saluran kemih.

Selain itu, “Bisa disebabkan pembasuhan buang air kecil (BAK) menggunakan air yang kurang bersih. Wanita juga lebih sering menahan BAK. Atau, salah dalam memilih bahan pakaian dalam, terutama yang tidak menyerap keringat,” imbuhnya.

Hal lain adalah cara membasuh yang salah – dari belakang ke depan – setelah BAB atau BAK. Hubungan seks juga bisa memicu ISK pada wanita, karena kuman dapat terdorong masuk ke uretra.

Pencegahan dengan modifikasi perilaku

Dr. Cepi menguraikan agar tidak terjadi infeksi saluran kemih berulang dimulai dengan melakukan modifikasi perilaku. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Minum air putih 1,5-3 liter /hari.

  2. Menjaga higienitas (kebersihan).

  3. Hindari menahan BAK.

  4. Bersihkan area kewanitaan dengan benar – dari depan ke belakang – jangan terbalik.

  5. Pemeriksaan urin rutin, khususnya pada kehamilan.

  6. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, tidak lembab; untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Ekstrak cranbbery

Buah cranberry ternyata telah lama diteliti dan digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih berulang karena mengandung bahan aktif proantocyanidin (PAC).

“PAC bekerja mencegah penempelan bakteri E-coli ke dinding epitel saluran kemih,” terang dr. Cepi. “Cranberry bisa dipakai sebagai terapi pencegahan alternatif non antibiotik. Terbukti mengurangi angka kejadian ISK sebesar 36%, dan menurunkan 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang.”

Dalam kesempatan sama, apt. Deloni Anggraini, S.Si, brand manager PT Combiphar menambahkan, “Cranberry akan berikatan dengan fimbriae bakteri (rambut bakteri) sehingga ia tidak dapat berikatan dengan sel di dinding saluran kemih.”

Penelitian Sengupta, dkk tahun 2011 melihat adanya penurunan infeksi E.coli sampai hari ke 90 pada mereka yang mendapatkan ekstrak cranbbery (PAC). Riset tersebut menyimpulkan bila PAC efektif mencegah terjadinya infeksi saluran kemih berulang.

Keamanan ekstrak cranberry pada ibu hamil dan menyusui ditunjukkan lewat studi Jean-Jacques Dugoua, dkk, di the Canadian Journal of Clinical Pharmacology (2008). Riset tersebut menulis wanita berisiko lebih besar mengalami ISK selama kehamilan.

“Mengingat bukti untuk mendukung profil keamanan penggunaan cranberry untuk ISK, suplementasi cranberry sebagai buah atau jus dapat menjadi pilihan terapi yang berharga dalam pengobatan ISK selama kehamilan,” tulis peneliti.

Masalahnya tidak gampang mendapatkan buah cranberry di Indonesia. “Cranberry sulit dicari di Indonesia, kalaupun ada harganya cukup malah. Rasanya juga agak pahit atau asam. Dari sisi konsumsinya, tidak praktis karena harus dijus dulu sebelum konsumsi,” ujar Deloni.

Namun, saat ini sudah ada produk ekstrak cranberry yang beredar di pasaran. Ekstrak cranberry dalam Prive Uricran (kapsul) membantu melancarkan BAK yang disebabkan oleh ISK. “Satu kapsul Uricran setara dengan 8 gelas jus cranberry,” imbuh Deloni.

Sementar Prive Uricran Plus (sachet) diperkaya dengan probiotik dan vitamin C yang akan membantu memelihara kesehatan. (jie)

Link Sertifikat Webinar 6 September 2021 (Mohon sertifikat segera diunduh)

__________________________________________________

Ilustrasi: Food photo created by jcomp - www.freepik.com