donasi aksi kemanusiaan ke pengemudi ojek daring oleh SGM Eksplor

20.000 Pengemudi Ojek Daring Peroleh Bantuan Gizi Lewat Aksi Kemanusiaan SGM Eksplor dan Alfamart

Salah satu kelompok masyarakat yang terdampak selama pandemi COVID-19 ini adalah para pengemudi ojek daring (online). Aksi kemanusiaan terus bermunculan, salah satunya dilakukan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia (melalui produk susu SGM Eksplor) dan Alfamart dengan menyalurkan bantuan senilai Rp. 1 miliar untuk mendukung kebutuhan gizi harian keluarga pengemudi ojek daring.

Donasi ini dilakukan melalui program “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online” yang juga menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan oleh Gojek.

Widianto Juwono, Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia mengatakan, “Kegiatan ini sejalan dengan salah satu misi Danone, yakni One Health. Melalui inisiatif ini, kami berupaya memfasilitasi semangat gotong royong masyarakat dalam berdonasi untuk pengemudi ojek online, dalam hal ini mitra driver Gojek, dengan harapan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan esensial harian mereka, terutama gizi yang baik.”

Program donasi ini berlangsung sejak 16-31 Mei 2020 dan telah mengumpulkan bantuan senilai Rp. 1 milyar. Donasi yang telah terkumpul dari penjualan susu pertumbuhan SGM Eksplor di jaringan gerai Alfamart ataupun melalui aplikasi Alfacart dan Alfagift selanjutnya akan disalurkan dalam bentuk e-voucher kepada 20.000 pengemudi transportasi daring.

E-voucher ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, minyak, gula, susu pertumbuhan untuk anak di atas satu tahun, serta susu ibu hamil dan menyusui di seluruh toko Alfamart.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, menyambut baik program kolaborasi ini. "Dalam program ini, konsumen dapat membantu sesama yang membutuhkan melalui jaringan gerai Alfamart maupun aplikasi Alfagift dan Alfacart," jelasnya.

Sementara itu, Monica Oudang, Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa menyampaikan “YABB mengapresiasi kolaborasi Danone Specialized Nutrition Indonesia dan Alfamart dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak pandemi COVID-19. Kami berharap bantuan ini dapat memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia yang bergantung pada pendapatan harian di masa sulit seperti ini.”

Selain itu, selama pandemi COVID-19, Danone Specialized Nutrition telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan sosial untuk menyediakan 33.000 paket makanan siap santap kepada tenaga medis. Juga menyalurkan lebih dari 48.000 susu pertumbuhan untuk anak berusia di atas 1 tahun dan ibu hamil dan menyusui kepada keluarga dan komunitas yang membutuhkan.

"Program bersama Alfamart ini merupakan salah satu dari berbagai upaya kami dalam membantu meringankan beban masyarakat melalui penyediaan akses gizi yang berguna untuk mendorong kesehatan keluarga. Dengan semangat gotong royong, bersatu dan kuat, kami percaya bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini, untuk mewujudkan Generasi Maju dan Indonesia yang sehat,” tutup Widianto Juwono. (jie)