Pentingnya Medical Check Up Bagi Pekerja | OTC Digest

Pentingnya Medical Check Up Bagi Pekerja

Medical Check Up (MCU) merupakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Sebaiknya dilakukan berkala, sehingga gangguan/penyakit dapat ditemukan sedini mungkin. MCU wajib dilakukan oleh perusahaan pada pekerjanya.

Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 02/Men/1980, Pasal 3 ayat (2) mewajibkan perusahaan untuk memeriksakan kesehatan pegawainya. Dalam satu tahun dilakukan pemeriksaan satu kali; disebut pemeriksaan berkala.

Menurut dr. Sphatika Ekakarttika, dari RSU Bunda Jakarta, setiap individu berusia 35 tahun ke atas sebaiknya rutin melakukan MCU. Kesehatan pekerja mempengaruhi produktivitas perusahaan, berkaitan pula dengan keuntungan perusahaan.

“Agar karyawan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, harus didukung dengan kondisi kesahatan yang prima,” papar dr. Sphatika. “Untuk itu perlu deteksi dini dan pencegahan penyakit secara menyeluruh.”

 

Manfaat yang diperoleh melalu MCU :

1. Menghemat biaya perusahaan

MCU akan membuat perencanaan pembiayaan yang rasional dan efektif untuk anggaran kesehatan perusahaan. Jika karyawan terkena penyakit akibat kerja, maka perusahaan berkewajiban memberi santunan pengobatan pada karyawan tersebut. Deteksi dini memungkinkan penghemantan biaya perawatan dan penanganan yang harus dikeluarkan perusahaan.

2. Melaksanakan Peraturan Pemerintah (PP)

Sesuai PP yang dituangkan dalam UU No. I tahun 1970, UU no. 21 tahun 2003 yang meratifikasi Konvensi ILO No. 81, dan UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan hak bagi karyawan, akan tersedianya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja selama dia menjalankan tugas dan pekerjaannya.

3. Kinerja perusahaan optimal

Dengan kondisi kesehatan karyawan yang terkontrol, akan meningkatkan kinerja perusahaan. MCU karyawan juga dijadikan salah satu syarat pengajuan tender oleh beberapa perusahaan dalam dan luar negeri.

4. Mengetahui penyakit lebih dini

MCU rutin akan mencegah penyakit yang telah terdeteksi tidak berlanjut, menghindari kekecewaan dan kerugian yang disebabkan oleh gangguan kesehatan yang mendadak. Mencegah atau menunda komplikasi penyakit.

5. Meningkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan terhadap perusahaan

Dengan jaminan kesehatan dan layanan MCU yang diberikan perusahaan, tentunya akan mengingkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan. Tingkat keluar masuk karyawan lebih rendah, dan karyawan lebih bersemangat bekerja. (jie)