6 Cara agar Rambut Tetap Sehat meski Terpapar "Hair Styling" | OTC Digest

6 Cara agar Rambut Tetap Sehat meski Terpapar "Hair Styling"

Mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer termasuk salah satu rutinitas sehari-hari bagi sebagian perempuan. Sayangnya, alat pemanas rambut bisa merusak rambut.

Panas dari alat hair styling membuat kutikula rambut terbuka, dan suhu air pada batang rambut meningkat. “Air tersebut kemudian menjadi uap, dan terbentuk gelembung-gelembung bertekanan tinggi pada batang rambut. Akhirnya, rambut menjadi rapuh dan mudah patah,” jelas dr. Gloria Novelita, Sp.KK dari Skin&Co Skincare Laser Clinic, Jakarta.

Kutikula merupakan lapisan rambut yang paling luar. Bentuknya seperti sisik yang bertumpuk, berfungsi melindungi lapisan di bawahnya, yang disebut korteks. Inilah bagian penting pada rambut, karenanya harus terlindungi.

“Di dalam korteks terdapat keratin atau protein rambut, yang mengatur kekuatan rambut,” ujar dr. Novelita, dalam diskusi “Bahaya Alat Hair Styling pada Rambut” di Jakarta, Senin (22/04/2019). Pemanasan juga akan memutus ikatan protein dan hidrogen pada keratin. Ini membuat kekuatan rambut berkurang, dan menjadi mudah patah.

(Foto: dokumen Forum Ngobras)

Di korteks juga terkandung serat dan pigmen rambut. Sedangkan lapisan paling dalam yakni medulla, tidak selalu ada pada helai rambut yang tipis.

Rambut yang sehat adalah yang berkilat, ujungnya rata (tidak bercabang), dan kuat (tidak mudah rontok/patah). Saat terkena sinar, batang rambut dengan kutikula yang sehat memiliki permukaan yang licin, sehingga bisa memantulkan sinar dengan sempurna. Inilah yang membuat rambut sehat tampak bersinar. Sedangkan pada rambut yang kurang sehat, lapisan kutikula tidak rta, sehingga sinar yang dipantulkan tidak sempurna. Akibatnya, rambut tampak kusam dan tidak bercahaya.

Bukan berarti harus menghindari hair styling. Memang, butuh perawatan ekstra agar rambut tetap sehat, meski kerap terpapar alat pemanas rambut. Berikut ini tipsnya.

  1. “Perawatan harus dari dalam dan luar,” tegas dr. Gloria. Untuk perawatan dari dalam (internal), banyaklah mengonsumsi nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Misalnya makanan yang kaya akan vitamin A, B, C, dan E.
  2. Perawatan dari luar bisa ditempuh dengan mengoleskan vitamin rambut setiap sehabis keramas. Vitamin rambut umumnya mengandung vitamin A, C, E, pro vitamin B5, dan berbagai minyak. Kombinasi vitamin dan minyak yang dioleskan ke rambut akan menghasilkan proteksi pada kutikula, dan meningkatkan elastisitas rambut. “Disarankan memakai vitamin rambut saat rambut dalam kondisi setengah basah setelah keramas. Pada kondisi ini, kutikula rambut terbuka sehingga vitamin rambut lebih mudah masuk,” ujar dr. Gloria.
  3. Oleskan juga vitamin rambut sebelum melakukan hair styling. Panas yang dihasilkan hair dryer atau alat pelurus/pengeriting rambut bisa mencapai 80-150 derajat C. “Vitamin rambut akan membentuk semacam selubung pada batang rambut, sehingga panas dari alat hair styling tidak langsung mengenai rambut,” tutur dr. Gloria.
  4. Bila ingin menggunakan alat pemanas rambut setelah keramas, jangan gunakan saat rambut masih basah. Ini adalah saat rambut paling rapuh karena kutikula terbuka lebar. Proses pemanasan akan sangat merusak rambut. Keringkanlah rambut dengan cara dibungkus handuk lalu diamkan selama beberapa saat hingga setengah kering. Kemudian oleskan vitamin rambut, dan barulah lakukan hair styling.
  5. Jangan terlalu dekat menggunakan hair dryer. “Beri jarak minimal 15 cm, agar panas yang mengenai rambut tidak terlalu tinggi,” ucap dr. Gloria. Gunakan hair tools dengan kualitas baik, dan atur dengan panas medium. Untuk penggunaan catokan, cukup sekali catok per area.
  6. Satu atau dua kali seminggu, gunakanlah masker rambut. Oleskan masker rambut pada batang rambut setelah keramas. Diamkan sesuai petunjuk, lalu bilas lagi hingga bersih.

       

Perawatan harus dilakukan secara rutin, dan jangan mengharapkan hasil yang instan karena semuanya butuh proses. Apalagi bila rambut sudah telanjur rusak akibat hair styling. Ellips Hair Vitamin dengan pro vitamin kompleks mengandung pro vitamin B5, keratin, dan multivitamin kompleks. “Formulasi ini lebih canggih daripada vitamin rambut yang biasa,” ujar Yuna Eka Kristina, PR Manager PT Kino Tbk.

Karena bentuknya minyak, Ellips Hair Vitamin lebih mudah diserap rambut. Bagi umat muslim tak perlu khawatir “Soft gel yang digunakan untuk membungkus vitamin terbuat dari gelatin yang halal,” lanjut Yuna. (nid)

_______________________________

Ilustrasi: Woman photo created by freepik - www.freepik.com