Manfaat Pijat Bayi | OTC Digest

Manfaat Pijat Bayi

Terapi tradisional dan modern yang metodenya berbeda, sepakat bahwa pijat bayi sangatlah bermanfaat.

Menurut dr. Utami Roesli, SpA, MBA,IBCLC , pijat baik untuk bayi. Akan lebih baik bila pijatan dilakukan saat bayi  menyusu, lalu ibu dengan lembut mengelus-elus tubuh si kecil dengan gerakan melingkar.

Secara ilmiah terbukti bahwa pijat bayi dapat merangsang  saraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan  emosional anak; selain menyehatkan tubuh dan otot-otot.

“Bayi yang dipijat dengan baik dan teratur, dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik. Bayi yang dipijat oleh orangtuanya mempunyai kadar kecemasan dan hormon stres rendah, dibanding bayi yang tidak pernah dipijat,” katanya.

Studi di Amerika Serikat menunjukkan,  pijatan lembut pada tubuh bayi prematur tiga kali sehari selama dua minggu, dapat meningkatkan berat badan bayi 47 % lebih tinggi dibandingkan dengan bayi prematur yang tidak dipijat. Bayi-bayi yang dipijat juga terlihat lebih responsif.

Baca juga : Ini Akibatnya Jika Anak Kurang Tidur

Memijat si kecil, selain oleh ibu bisa dilakukan oleh ayah atau sang nenek. Sentuhan-sentuhan tangan pada tubuh bayi, akan menguatkan perasaan positif yaitu rasa aman, sehingga bayi memiliki daya hidup yang lebih baik. Pijatan juga akan menguatkan ikatan emosional antara ibu/orangtua dan anak, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan si kecil. Luar biasa, bukan?

Pijatan I Love You

1. Dada

Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser diagonal ke kanan atas, kembali ke tengah, ke kiri atas dan kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.

2. Paha dan betis

Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.

3. Kaki

Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijat punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.

4. Wajah

Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.

5. Perut

Pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat:

  • Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
  • Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
  • Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan

   turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

6. Tangan

Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan. Kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.

7. Punggung

Balikkan tubuh bayi secara perlahan, sehingga ia tengkurap. Posisi Anda berada di salah satu sisinya. Dengan jari-jari tangan, buat pijatan lembut melingkar dengan kedua tangan, dimulai dari bawah leher bayi sampai ke pantat. Pindah posisi Anda ke sisi sebelahnya dan lakukan gerakan yang sama. (jie)