Grab Luncurkan Layanan Kesehatan Digital, Membuka Akses Layanan Kesehatan Berkualitas Bagi Masyarakat Indonesia | OTC Digest

Grab Luncurkan Layanan Kesehatan Digital, Membuka Akses Layanan Kesehatan Berkualitas Bagi Masyarakat Indonesia

Kementerian Kesehatan merilis nilai Indeks Keluarga Sehat (IKS) 2019 masyarakat Indonesia adalah 0,18, atau 18%. Ini berarti sebagian besar keluarga Indonesia masih tergolong tidak hidup sehat. Sementara itu kita masih memiliki masalah berupa distribusi tenaga profesional kesehatan yang tidak merata di seluruh negara. Saat ini hanya 12 provinsi yang memiliki rasio sehat 1:2500 menurut WHO (kondisi ideal dokter dalam memberikan pelayanan adalah 1:2.500 penduduk).

Sesuai dengan arah Kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan dengan penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary health care), inovasi dan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan.

Menteri Kesehatan RI,  Letjen TNI (Pur) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K), yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes mengatakan, “Kami menyadari, pada era digital seperti sekarang ini, inovasi terkait pelayanan kesehatan harus dilakukan dan ditingkatkan untuk membangun serta memperkuat ekosistem digital bidang kesehatan.”

Layanan kesehatan digital bertujuan mendorong upaya promotif dan preventif, sehingga ikut berperan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mempromosikan gaya hidup sehat. Pada akhirnya membantu pemerintah menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi saat ini.

“Perlu diperhatikan bahwa pengembangan inovasi tidak boleh bertentangan dengan regulasi dan prinsip-prinsip kedokteran yang tujuan utamanya adalah keselamatan pasien. Adanya layanan konsultasi (dalam aplikasi) bersifat edukasi bagi pasien, bukan memberikan rekomendasi obat,” urai dr. Agus di acara peluncuran GrabHealth powered by Good Doctor, di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta (10/12/2019).

Dalam kesempatan yang sama dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, mengatakan, “Salah satu komitmen kami adalah menyediakan konsultasi dokter yang dapat diakses setiap saat selama 24 jam setiap hari.”

Untuk itu Good Doctor bekerja sama dengan Grab yang telah memiliki jaringan luas di Indonesia meluncurkan aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor. Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan, peluncuran aplikasi ini merupakan upaya memberikan layanan kesehatan online.

“Didukung dengan jangkauan di 224 kota di Indonesia dan pemahaman mendalam mengenai pasar dalam negeri, kami berharap GrabHealth powered by Good Doctor dapat menjadi solusi yang layak untuk memperluas aksesibilitas layanan kesehatan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan komunitas yang kami layani di seluruh Indonesia,” katanya.

Dengan layanan online tersebut diharapkan pasien dapat mendapatkan informasi kesehatan langsung  dari dokter-dokter yang sudah dipilih melalui layanan konsultasi, melakukan perjanjian konsultasi tatap muka, atau membeli produk-produk kesehatan dan kebugaran yang dibutuhkan. (jie)