Menu Buka Puasa Bagi Penderita Maag | OTC Digest

Menu Buka Puasa Bagi Penderita Maag

Puasa sebenarnya baik bagi penderita maag. Pola makan yang teratur akan mengurangi kejadian munculnya sakit maag. Namun begitu, penderita maag perlu memerhatikan beberapa hal saat berbuka agar tidak memicu peningkatan asam lambung.

Dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, dari Divisi Gastroenterologi, Departeman Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Jakarta menjelaskan, selama puasa terjadi perubahan metabolisme akibat pembatasan makan dan minum; kembali normal setelah puasa Ramadan.

“Pengaturan makan yang baik memperbaiki keluhan maag selama berpuasa. Umumnya penderita maag fungsional (karena stres atau telat makan; tanpa ada luka di lambung) dapat berpuasa, sedang maag organik (karena ada luka di lambung) tetap dapat berpuasa dengan obat-obatan,” katanya dalam seminar Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa Dengan Tetap Sehat Jasmani, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Panduan Puasa Bagi Penderita Maag

Selain itu penderita maag wajib memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut :

1. Jangan konsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gas dan serat seperti sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, atau minuman bersoda. Tidak mengonsumsi makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol, sari buah sitrus.

2. Jangan berbuka puasa dengan makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Makanan jenis ini, seperti kue tart, keju, makanan berlemak dan cokelat, dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung dan berakibat meningkatnya asam lambung.

3. Hindari makanan yang mengandung cuka, makanan pedas dan merica yang dapat merusak dinding lambung.

4. Jangan makan makanan yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain cokelat, makanan yang tinggi lemak dan gorengan. Beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, dan jagung pun sebaiknya dihindari.

5. Lakukan olahraga ringan; harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Olahraga yang teratur selain membuat tubuh menjadi bugar, stres - yang menjadi pemicu sakit maag - bisa hilang.

6. Jangan langsung tidur setelah makan sahur, agar asam lambung tidak langsung naik ke kerongkongan. Makanan dari lambung akan lancar turun ke organ pencernaan lain, kalau tubuh berada dalam posisi tegak. Tapi, bila dalam posisi tidur, makanan akan sulit turun dan dikhawatirkan asam lambung yang naik menyebabkan iritasi. (jie)