Berapa Banyak Makan Kentang Goreng yang Dianggap Sehat | OTC Digest

Berapa Banyak Makan Kentang Goreng yang Dianggap Sehat

Renyah sekaligus lembut, ditabur keju atau sedikit garam. Kentang goreng (french fries), sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1700-an, sudah menjadi makanan yang banyak disukai. 

Rasanya tidak cukup makan satu porsi kecil kentang goreng, tapi kadang kita harus menahan rasa ingin nambah, karena alasan kesehatan. Seberapa banyak sebenarnya kita boleh makan kentang goreng untuk tetap aman bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Menurut Prof. Eric Rimn, ahli nutrisi dari Harvard University, setengah lusin atau enam potong kentang goreng adalah jumlah yang direkomdasikan. Setelah itu kita pun harus menahan nafsu makan dan menggantinya dengan salad atau sayuran jika ingin pembuluh darah tetap sehat. 

Sebagai informasi, biasanya dalam satu porsi kentang goreng tersaji sekitar 15 – 55 potong kentang. 

Pada penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan orang-orang yang menghindari kentang goreng sama sekali hidup enam bulan lebih lama daripada mereka yang senang makan kentang goreng. 

Mereka yang mengonsumsi kentang goreng dua atau tiga kali seminggu mempunyai risiko diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskuler. 

Dilansir dari dailymail.co.uk, Lisa Moskovitz, RD, ahli nutrisi dari NY Nutrition Group, menyatakan, “Enam kentang goreng pada dasarnya mirip dengan aturan ‘tiga gigitan’. Kita selalu menginginkan gigitan pertama sebagai yang terbaik dan gigitan terakhir adalah yang terakhir kita nikmati. Enam kentang goreng ternyata memberikan lebih banyak dari itu. Dan ini akan menjadi konsep yang serupa.”

Namun, ia mengakui bahwa,  makan enam kentang goreng itu tidak realistis. Terutama karena sangat sulit meninggalkan 90 persen porsi. Alih-alih merekomendasikan untuk berbagi kentang goreng dengan teman-teman, Lisa merekomendasikan makan satu piring salad dan ayam panggang. 

“Atau pesan porsi kentang goreng untuk anak-anak (porsi kecil). Itu mungkin terasa tidak akan terlalu sedikit,” tambah Lisa. 

Pada dasarnya bila kita telah menerapkan pola diet sehat dan olahraga secara kontinyu, makan beberapa potong kentang goreng tidak akan terlalu masalah. (jie)